21 Agustus 2017

Sejarah Pulau Pramuka Kepulauan Seribu


Ketika membahas tentang sejarah, pasti yang jadi pertanyaan kita adalah kapan terjadinya sejarah tersebut dan apa yang melatar belakangi terciptanya sejarah tersebut. Nah, inilah sejarah tentang pulau pramuka. Ada yang tahu pulau pramuka dimana? Pulau pramuka letaknya berada di kepulauan seribu, pulau ini merupakan satu diantara ribuan pulau yang berada pada satu gugusan kepulauan seribu.
Pulau Pramuka merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Administratif Kepulauan seribu. Sebelum kita membahas tentang sejarah dari pulau pramuka, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan pulau yang menjadi induk dari pulau pramuka yaitu pulau seribu atau Kepulauan Seribu. Kata seribu diambil menjadi nama pulau tersebut dikarenakan adanya banyak pulau yang ada di kepulauan ini
sejarah pulau pramuka kepulauan seribu
Pulau seribu sudah sejak lama menjadi salahsejarah satu tempat wisata yang ada di Indonesia, namun belum banyak pengunjung yang datang mengetahui secara mendalam mengenai sejarah dari Pulau seribu ini. Dilihat dari sejarah awal mula terbentuknya. Pulau ini terletak di Laut Jawa dan Teluk Jakarta yang didalamnya terdiri dari banyak gugusan pulau- pulau yang didominasi oleh pulau dengan terumbu karang.
Adanya banyak pulau yang terdapat di kepulauan ini merupakan potensi wisata yang dapat menghasilkan banyak wisatawan dan menjadi dana kas pemasukan daerah diantaranya yang paling terkenal adalah pulau pelangi dan pulau pramuka yang selanjutnya akan kita bahas sejarahnya sebagai berikut:
Namanya kok Pramuka ? Apakah ada kaitannya dengan kegiatan pramuka yang sering anak- anak sekolah lakukan. Atau nama pramuka diambil karena terjadinya suatu kejadian mengerikan yang terjadi pada zaman dahulu kala yang ada kaitannya dengan kematian para anak- anak pramuka di pulau tersebut.
Nah, begini sejarahnya, nama pulau pramuka dahulunya adalah bernama Pulau Elang karena menurut kata para orang tua terdahulu, Pulau Pramuka katanya mereka pulau ini dahulu banyak sekali jenis burung elang yang ada di Pulau Pramuka, sebab pada dulunya kan nama pulau pramuka ini kan Pulau Pramuka.

Informasi Travel Pulau Seribu Sakura Travel
Dengan adanya beragam jenis burung Elang yang ada di pulau ini, menjadikan pulau ini sebagai daya tarik yang mampu mendatangkan banyak sekali pengunjung, hanya sekedar untuk melihat banyaknya burung- burung elang yang beterbangan di sekeliling pulau ini. Tidak hanya itu pengunjung yang semakin hari semakin berdatangan ke pulau ini seringkali mengadakan kegiatan berkemah layaknya kegiatan berkemah Pramuka yang dilakukan oleh anak- anak sekolah.
Hal inilah yang mendasari perubahan nama pulau ini, dari yang tadinya pulau Elang menjadi pulau pramuka. Semenjak banyaknya para pencinta alam yang berkunjung dan berkemah itulah bapak pramuka sedunia diganti namanya dari yang tadinya bernama pulau elang sekarang menjadi pulau pramuka. Itulah sejarah yang melatarbelakangi nama Pulau Pramuka. Sebenarnya tidak hanya burung- burung elang saja yang menjadi daya tarik pulau ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar