9 Agustus 2017

Artikel Mazda Otomotif Indonesia

Sejarah Singkat Tentang Mazda

Mazda adalah merupakan perusahaan mobil asal Jepang yang produksi utamanya berupa kendaraan roda empat, mesin putar, mesin diesel, mesin transmisi manual dan otomatis. Didirikan pada tanggal 30 Januari 1029 oleh Jujiro Matsuda yang awalnya bernama Toyo Cork Kogyo Co. Ltd. Beberapa tahun kemudian pada tahun 1927, perusahaan tersebut berganti nama menjadi Toyo Kogyo Co. Ltd. yang mulai memproduksi peralatan mesin.Hingga pada akhirnya perusahaan ini berganti nama kembali menjadi Mazda yang tetap dipakai hingga saat ini. Pada tahun 1930-an, perusahaan ini mulai mengekspor truk roda 3 ke China. Pada peristiwa jatuhnya bom di Hiroshima pada akhir Perang Dunia II membuat perusahaan ini meminjam beberapa area pemerintahan di Hiroshima untuk melakukan kegiatan produksi.

Mazda Motor Corporation resmi dipakai pada tahun 1984 serta mendirikan Mazda Foundation dan Mazda Motor Facturing Corporation di Amerika Serikat semakin mengokohkan Mazda sebagai salah satu perusahaan produsen kendaraan terbesar di dunia. Tak hanya mempromosikan berbagai produk andalannya namun Mazda juga ikut serta dalam berbagai inovasi guna mengembangkan usahanya. Salah satu bukti peran serta Mazda dalam bidang lingkungan yakni dengan dicanangkannya "Environment-Related Activity Promotion Plan".

Perkembangan Industri Mazda

Tak hanya berhenti sampai di sana saja. Guna memperkuat perkembangannya, Mazda mulai menjalin kerjasama jangka panjang dengan perusahaan kenamaan Ford pada tahun 1993. Prestasi yang didapat yakni memperoleh sertifikat ISO 9002 yang mencatatkan nama Mazda sebagai produsen otomotif pertama yang memperolehnya di antara para produsen asal Jepang lainnya pada tahun 1994, ISO 9001 pada tahun 1996 dan ISO 14001 pada tahun 2006 serta menerima penghargaan berupa Japan's First Human Right Merit Award pada tahun 2008. Merek dagang yang mempunyai tagline "Zoom Zoom" ini juga mendirikan Mazda Museum untuk memanjakan pecinta otomotif menikmati segala macam produk buatan Mazda. Di samping itu pada tahun 2007 saja, Mazda telah total memproduksi lebih dari 40 juta unit kendaraan di Jepang. Dengan berbagai pencapaian yang telah didapat hingga saat ini tak heran jika pada tahun 2011 menempatkan Mazda sebagai lima belas besar produsen mobil terbesar dengan produksi di seluruh dunia.



Mazda memiliki sejarah gemilang inovasi teknik, dilambangkan dengan mesin rotary. Meskipun berbagai perusahaan terkemuka berusaha mengadaptasi konsep, hanya Mazda bertahan dan berhasil menciptakan sebuah mesin mobil sport komersial. Saat ini, Mazda adalah satu-satunya produsen di dunia yang membuat bensin, diesel dan putar mesin pembakaran internal. Inkarnasi terbaru dari kekuatan mesin rotary Mazda RX-8, sebuah mobil yang benar-benar mewujudkan Mazda DNA. Mazda raison d'etre adalah membuat mobil yang fun to drive-mobil yang antusias tetapi juga terjangkau. Pesan merek "Zoom-Zoom" bertujuan untuk menangkap perasaan ini, mengekspresikan semangat yang penuh gairah dalam kenikmatan berkendara yang mendorong maju.

Mazda Indonesia

Mazda pertama kali hadir di Indonesia lewat tipe B600 dibawah naungan Indomobil. Namun di tahun 2006, Indomobil secara resmi pisah dengan Mazda dan digantikan dengan Mazda Motor Indonesia. Kita sadari bahwa pemilik Mazda tidak mendapatkan dukungan dari Mazda Motor Indonesia (khususnya mobil dibawah 2000) dan Sejak Aahir tahun 2016 menjelang tahun 2017 Mazda Motor Indonesia Mengalihkan Management dan Kepengurusan ke Eurokars Group. Type Mazda yang laku keras di Indonesia adalah Mazda 2, Mazda CX-5, Mazda 6, Mazda Biante, Mazda CX-7, Mazda CX-9, Mazda 8, Mazda RX-5. Dan baru baru ini Mazda baru saja meluncurkan produk baru yang akan semakin banyak peminatnya yaitu Mazda CX-3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar